Selamat Datang di UPK PNPMMP Bontonompo Selatan Kab Gowa

Dalam kebersamaan untuk mencapai kesuksesan Forum terbentuk, semangat membangun dan memberdayakan masyarakat merupakan pondasi kuat yang dijadikan dasar bagi segala program yang akan dilaksanakan di masa-masa yang akan datang. Menjadi tidak mengherankan jika kemudian pembentukan forum yang sudah ditunggu-tunggu ini (tidak saja oleh upk se-kab. serang) mendapat apresiasi yang tinggi dari berbagai pihak.

UPK yang merupakan komponen penting di Kecamatan dalam PNPM MP memang diharapkan mampu menjadi jembatan bagi akses masyararakat miskin terhadap ketersediaan modal usaha, karena selama ini memang masih menjadi sesuatu yang berada di awang-awang bagi kelompok masyarakat “bersandal” . Keberadaan UPK seperti sumur di tengah khalayak yang tengah kehausan, menjadi tujuan bagi RTM dan menjadi harapan sekaligus. Posisi yang sangat strategis ini tentu membawa dua konsekuensi yang berbeda. Pertama, tentu ini peluang, dan kedua bisa menjadi jebakan.

UPK memiliki peluang untuk andil dalam peningkatan kapasitas masyarakat miskin. Punya peluang membantu Pemerintah mengurangi Kemiskinan yang hampir juga membantu mengurangi kebodohan (sebab kemisikinan dan kebodohan seperti saudara kembar). Tentu dengan tetap konsisten, patuh pada prosedur dan tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan. Sesuatu yang mudah dikatakan tapi tidak tidak mudah dalam pelaksanaannya.

UPK juga bisa jadi terjebak dalam kepentingan sesaat, yaitu terjebak dalam kepentingan sekelompok orang. Bisa jadi ini adalah ujian terberatnya, saat UPK memiliki kekuatan secara kuantitas dari pemanfaat yang adalah ibu-ibu dari keluarga miskin -tanpa berniat merendahkan– dan dengan tingkat pendidikan rendah sehingga mudah di”intervensi”

Pos ini dipublikasikan di UPK BONSEL. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar